Senin, 13 Mei 2013

DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  DASAR PENDIDIKAN
          Dasar adalah sesuatu yang di pakai sebagai landasan untuk berpijak , dan dari sanalah aktivitas yang berdiri di atasnya (termasuk aktivitas pendidikan) akan di jiwai dan di warnainya.1  sedangkan Dasar pendidikan adalah pondasi atau landasan yang kokoh bagi setiap masyarakat untuk dapat melakukan perubahan sikap dan tata laku dengan cara berlatih dan belajar dan tidak terbatas pada lingkungan sekolah, sehingga meskipun sudah selesai sekolah akan tetap belajar apa-apa yang tidak ditemui di sekolah. Hal ini lebih penting dikedepankan supaya tidak menjadi masyarakat berpendidikan yang tidak punya dasar pendidikan sehingga tidak mencapai kesempurnaan hidup. Apabila kesempurnaan hidup tidak tercapai berarti pendidikan belum membuahkan hasil yang menggembirakan. Dasar atau landasan pendidikan dapat dilihat dari berbagai segi yaitu :

Pandangan Islam

1.Al-qur’an.

Al-qur’an merupakan pedoman tertinggi yang manjadi petunjuk dan dasar kita hidup di dunia. Dalam Al-qur’an kita bisa menemukan semua permasalahan hidup termasuk pendidikan dan ilmu pengetahuan.
2

Hadist

Hadist merupan pedoman kita setalah Al-qur’an, dengan demikian hadist juga merupakan dasar atau elemen dalam pendidikan.






Secara Umum

Religius

Merupaken elemen atau dasar pendidikan yang paling pokok, disini ditanamkan nilai nilai agama islam (iman, akidah dan akhlak)  sebagai suatu pondasi yang kokoh dalam pendidikan
Ideologis

kelompok pendidikan umum diarahkan kepadapembentukan warga negara Indonesia yang baik dan bertanggung jawab yakni manusia pancasilais berdasarkan ketentuan yang terdapat dalam mukadimah dan isi dari UUD 1945.3

Ekonomis

Pendidikan bisa dijadikan sebagai suatu langkah untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan keluar dari segala bentuk kebodohan dan kemiskinan.

Teknologis

Dunia telah mengalami eksplosit ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan bisa dikatakan teknologi sangat memiliki peran dalam kemajuan dunia pendidikan.
4

Psikologis

Tugas pendidikan sekolah yang utama adalah mengajarkan bagaimana cara belajar, mendidik kejiwaan, menanamkan motivasi yang kuat dalam diri anak untuk belajar terus-menerus sepanjang hidupnya dan memberikan keterampilan kepada peserta didik, mengembangkan daya adaptasi yang besar dalam diri peserta didik.




3. DR. Nana sudjana , dasar-dasar proses belajar mengajar , Sinar baru algensindo, hal.26
         4. http://artikelmakalah.wordpress.com/2010/12/02/makalah-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam


Sosial Budaya

Mengacu kepada hubungan antara individu dengan individu lainnya dalam suatu lingkungan atau masyarakat. Begitu juga hal nya dengan budaya, budaya masyarakat sangat berperan dalam proses pendidikan, karena budaya identik dengan adat dan kebiasaan. Apabila sosial budaya seseorang itu berjalan baik maka pendidikan akan mudah dicapai.

2.2  TUJUAN PENDIDIKAN
       Tujuan Pendidikan akan menentukan kearah mana anak didik akan dibawa1. Disamping itu pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia indonesia.  Tujuan pendidikan dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu menurut islam dan tujuan pendidikan secara umum.
       Tujuan ini pada dasarnya merupakan rumusan tingkah laku dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki siswa setelah ia menyelesaikan pengalaman dan kegiatan belajar dalam proses pengajaran. Isi tujuan pengajaran pada hakikatnya adalah hasil belajar yang di harapkan.5
         
A. Tujuan Pendidikan Dalam Islam
Tujuan pendidikan islam adalah mendekatkan diri kita kepada Allah dan pendidikan islam lebih mengutamakan akhlak. Secara lebih luas pendidikan islam bertujuan untuk

    Pembinaan Akhlak
    Penguasaan Ilmu
    Keterampilan bekerja dalam masyarakat
    Mengembangkan akal dan Akhlak
    Pengajaran Kebudayaan
    Pembentukan kepribadian
    Menghambakan diri kepada Allah
    Menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan akhirat
                      5.  DR. Nana sudjana , dasar-dasar proses belajar mengajar , Sinar baru algensindo, hal.30
                        6. . http://artikelmakalah.wordpress.com/2010/12/02/makalah-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam




B. Tujuan Pendidikan Secara Umum
Para ahli pikir menyusun nilai-nilai hidup itu secara sistematis menjadi filsafat hidup (pandangan hidup) . Dalam dunia pendidikan, persoalan-persoalan yang ada kaitannya dengan tujuan pendidikan , akan dapat di wadahi oleh filsafat hidup (pandangan hidup) sesuatu bangsa yang melakukan aktivitas pendidikan tersebut bagi Bangsa Indonesia pandangan hidup itu adalah pancasila.7

Tujuan pendidikan dapat dilihat sebagai berikut:

1
.  Tujuan pendidikan terdapat dalam UU No2 Tahun 1985
 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan dan bertagwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan kerampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan berbangsa.


2
. Tujuan Pendidikan nasional menurut TAP MPR NO II/MPR/1993
 yaitu  Meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja profesional serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan memepertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawaan sosial, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi masa depan.8



7. Drs.H.Abu Ahmadi, Dra. Nur Uhbiyati,ilmu pendidikan, aneka cipta, jakarta ,hal.103
                8. . http://artikelmakalah.wordpress.com/2010/12/02/makalah-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam






3. TAP MPR No 4/MPR/1975,
 tujuan pendidikan adalah membangun di bidang pendidikan didasarkan atas falsafah negara pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangun yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengembangkan kreatifitas dan tanggung jawab dapat menyuburkan sikap demokratis dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam UUD 1945.


Tujuan Pendidikan (Kemdiknas): "Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 9

Sejalan dengan itu, pada periode 2010-2014, Kementerian Pendidikan Nasional menetapkan visi Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif. Insan Indonesia cerdas komprehensif adalah insan yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual dan cerdas kinestetis.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Kementerian Pendidikan Nasional menetapkan lima misi yang biasa disebut lima (5) K, yaitu; ketersediaan layanan pendidikan; keterjangkauan layanan pendidikan; kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan; kesetaraan memperoleh layanan pendidikan; kepastian/keterjaminan memperoleh layanan pendidikan.

             9. http://Pendidikan.Net



Tidak ada komentar:

Posting Komentar